Sabtu, 16 Juli 2022

Jual Bibit BB Biogen Biovitas Kota Tanjung Pinang Januari Tahun 2024

jual bibit bb biogen biovitas kota tanjung pinang, jual bibit bb biogen kota tanjung pinang, jual bibit biovitas kota tanjung pinang pinang

RUMPUT BB BIOGEN BIOVITAS

Rumput Biovitass adalah varietas baru rumput pakan ternak unggulan yang di kembangkan langsung oleh saintist Indonesia yang berasal dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB BIOGEN) di Bogor. Terdapat 3 varietas unggul yang dipublikasikan oleh BB BIOGEN diantaranya, varietas biovitass, varietas biograss dan varietas bionutriss. Rumput ternak hasil penelitian ini dirilis pada tahun 2021. Kali ini saya akan membahas tentang beberapa hal yang menyebabkan rumput biovitass memiliki palatabilitas tinggi dibandingkan dua varietas lainnya.

Dari segi nutrisi, rumput biovitass lebih banyak miliki protein kasar (PK) dibandingkan varietas biograss, yaitu di angka 18,19% dan serat kasar mencapai 24,6%. Produktivitas atau hasil panen varietas biovitass dapat dibilang tinggi. 1 Rumpun miliki kisaran berat bisa mencapai 15 kg/rumpun. 1 bibit biovitass biasanya menghasilkan anakan sekitar 5-8 anakan atau bisa lebih. Untuk panen ke-2 dan selanjutnya dapat menghasilkan hasil panen lebih banyak, jika dibandingkan dengan hasil panen pertama. Dari segi nutrisi juga, varietas biovitass sangatlah cocok dan pas untuk peternakan sapi perah. Karena biasanya sapi perah membutuhkan banyak hijauan dan protein diangka persentase sekitar 18%.


Selain itu, rumput ini dapat berkembang hingga antara tinggi 3 meter sampai 5 meter. Karakteristik lain pada rumput biovitass antara lain yaitu, batang pada rumput tebal, bulu pada bagian daun sangat tipis, batang nya tidak berbulu sama sekali (hanya terdapat bulu di bagian pangkal nya saja, itupun hanya sedikit yang terdapat bulu nya). Rumput biovitass cenderung memiliki bulu yang sangat tipis daripada king grass/kalanjana. Dengan bulu yang sedikit/tipis pastinya lebih nyaman, baik untuk yang memanen rumput/pekerjanya ataupun untuk hewan ternaknya. Apalagi ternak-ternak yang memiliki tubuh berskala kecil seperti domba atau kambing. Rumput yang memiliki banyak bulu dapat menimbulkan luka pada bibir hewan ternak atau dapat disebut juga sebagai Orf.

Rumput Biovitass tahan terhadap kondisi kering. Hal ini sudah di uji pada lahan kering yang terdapat di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebelum perilisan rumput oleh BB Biogen. Walau rumput biovitass cenderung tahan terhadap kondisi kering, harus tetap melakukan penyiraman minimal nya 1-2 kali seminggu (terutama pada awal penanaman). Selanjutnya, keunggulan lain dari rumput biovitas adalah tahan terdapat hama. Biasanya saat berumur <1 bulan rumput sering terserang hama, namun akan hilang sendiri seiring dengan bertumbuhnya rumput tersebut. 


HAL HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN SAAT MENANAM RUMPUT BB BIOGEN BIOVITAS

Pada awal penanaman, biasanya pertumbuhan rumput cenderung lambat karena masih dalam kondisi penyesuaian terhadap lingkungan, tanah dan suhu. Selain itu, pembentukan akar juga menjadi salah satu faktor lambatnya pertumbuhan di awal tanam. Namun, biasanya setelah panen pertama pertumbuhannya cenderung lebih pesat.

Saat rumput sudah tertanam sekitar >25 hari lakukan sanitasi lahan dari gulma juga, di khawatirkan jika di biarkan begitu saja dapat menghambat pertumbuhan dari rumput yang di tanam. Karena nanti nutrisi-nutrisi yang terdapat pada tanah akan terserap oleh gulma jika tidak dibersihkan. Sebelum melakukan pemupukan rutin, usahakan melakukan pembersihan lahan terlebih dahulu. Karena jika tidak melakukan pembersihan, kandung pada pupuk akan terserap oleh gulma dan dapat mengganggu proses pemupukan itu sendiri.


Tutup pupuk yang sudah diberikan pada tanah agar tidak terbuang atau terguras air. Jika tidak di tutup, nutrisi pada pupuk tidak terserap dengan baik oleh tanah dan rumputnya. Pupuk diberikan sekitar 1 sdm, menggunakan campuran pupuk NPK dan Urea. Karena untuk pertumbuhan awal yang bagus adalah 2 jenis pupuk tersebut. Urea untuk mempercepat pertumbuhan rumput dan NPK membantu memperbesar pertumbuhan batang rumput. Jika rumput sudah tumbuh besar dan cukup umur, tidak perlu terlalu sering melakukan sanitasi lahan. Rumput akan tumbuh tinggi, sehingga gulma tidak akan tumbuh dikarenakan akses sinar matahari sudah tertutup. 

Setelah panen, dilakukan pemupukan kembali agar rumput yang dihasilkan lebih hijau dan produktivitasnya semakin tinggi. Daun yang hijau menandakan tercukupi nutrisi dan unsur hara pada rumput. Jika setelah panen dilakukan pemupukan dengan baik, produktivitas rumput yang di hasilkan semakin baik dan maksimal.

Untuk menanggulangi kurangnya produktivitas rumput ialah perlu dilakukan pemupukan setelah panen. Diberikan pupuk kandang diatas batang yang sudah di panen, lalu di timbun kembali dengan tanah.

Disamping nya berjarak 5-7cm diberikan pupuk Urea dan NPK agar hasil panen selanjutnya lebih maksimal. Satu rumpun hanya menggunakan 1 sendok makan pupuk kimia. Dengan dilakukannya pemupukan, produktivitas rumput semakin baik di panen berikutnya.



CARA TANAM RUMPUT BB BIOGEN BIOVITAS

TAHAP 1 : Persiapan lahan
1. Bersihkan gulma dari lahan yang akan ditanami rumput, dapat dilakukan menggunakan cara manual atau kimia.
2. Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul atau traktor.

Penggemburan dengan mesin traktor 👇

Penggemburan dengan cangkul 👇

3. Buatlah bedengan dengan lebar 100 cm, dan jarak antar bedengan 31 cm. 4. Sebar kotoran hewan sebagai pupuk dasar di tengah bedengan yang telah dibuat, ratakan dan tutup kembali dengan tanah. Yang lebih disarankan adalah kotoran domba atau sapi.

5. Jika pupuk yang digunakan belum matang, jarak dengan waktu penanaman adalah 2 minggu. Jika pupuk sudah matang, maka bibit sudah dapat langsung ditanam TAHAP 2 : Perlakuan terhadap bibit 1. Jika bibit belum akan ditanam dalam waktu dekat, simpanlah di tempat yang teduh dan siram setiap pagi dan sore hari. 2. Ketika bibit akan ditanam, rendam di dalam air yang telah dicampur zat perangsang tumbuh (ZPT) akar selama 20 menit. ZPT bisa dibeli di toko pertanian, atau dibuat sendiri menggunakan bawang merah yang digeprek atau blender. TAHAP 3 : Proses penanaman 1. Jarak penanaman rumput yang disarankan adalah 75cm - 1meter 2. Tanam bibit dengan posisi miring atau rebah, bertujuan agar akar yang keluar dari tunas rumput dapat lebih mudah menggapai tanah.

3. Di masa awal tanam, bibit harus mendapatkan siraman air minimal 1-2 kali/pekan agar kemungkinan tumbuhnya lebih tinggi. 4. Pembelian pupuk kedua dilakukan 2 minggu setelah penanaman, dapat menggunakan pupuk kotoran hewan atau kimia seperti NPK atau urea. 5. Panen pertama dapat dilakukan pada usia 75 hari - 90 hari. 6. Panen selanjutnya dapat dilakukan pada usia 45 hari untuk pakan, 60 hari untuk bibit.






PENGIRIMAN 130.000 BIBIT KE BOGOR


PENGIRIMAN 130.000 BIBIT KE KALIMANTAN








Disini saya mengajak para peternak untuk mulai memperhatikan kualitas pangan hewan ternak. Caranya tentu saja dengan memilihkan pangan-pangan yang bernutrisi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan ialah dengan menanam rumput sendiri. Dengan menanam rumput sendiri, kualitas hiajuan ternak menjadi terjamin dan lebih hemat biaya.

Daripada meng-ngarit yang entah dapat rumput jenis apa dan kualitas nya bagaimana, lebih baik menanam rumput sendiri. Dari segi kualitas tidak perlu diragukan lagi, karena kita sendiri yang menanam.

AYO JADI PETERNAK HEBAT DENGAN BERI PAKAN BERKUALITAS

ANDA DAPAT MEMBELI BIBIT RUMPUT BIOVITASS DISINI 👇👇

CATATAN : MINIMAL PEMBELIAN 1000 BATANG UNTUK LUAS LAHAN 500 METER²


KUNJUNGI WEBSITE KAMI UNTUK MELIHAT PRODUK DAN HASIL KERJA KAMI YANG LAINNYA 👇

WWW.RUMPUTTAMANMALANG.COM

WWW.JASAHIASTAMAN.BLOGSPOT.COM

WWW.JUALRUMPUTGAJAHMINI.COM

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah petani dan penjual rumput gajah mini . Rumput jepang. Rumput golf . Rumput manila , Rumput lapangan bola dan lain lain. Saya juga menjual bibit rumput gajah odot dan bibit rumput king grass untuk pakan ternak sapi dan kambing. Saya juga menjual tanaman hias dan jasa pembuatan taman dan jasa pasang batu alam.