Senin, 25 Februari 2019

JUAL BIBIT RUMPUT ODOT YOGYAKARTA , HARGA BIBIT ODOT YOGYAKARTA , BIBIT ODOT JOGJA JANUARI TAHUN 2024

Jual bibit rumput odot Yogyakarta
Beli bibit rumput odot jogja
Cara beli bibit rumput odot jogja
INFORMASI DAFTAR HARGA BIBIT RUMPUT ODOT JOGJA TERBARU SAAT INI 

HARGA JUAL BIBIT RUMPUT ODOT YOGYAKARTA HARGA RP. 500,- PERBATANG FREE ONGKIR.
HARGA JUAL BIBIT RUMPUT ODOT SLEMAN HARGA RP. 550,- PERBATANG FREE ONGKIR.
HARGA JUAL BIBIT RUMPUT ODOT BANTUL HARGA RP. 550,- PERBATANG FREE ONGKIR.
HARGA JUAL BIBIT RUMPUT ODOT KULON PROGO HARGA RP. 550,- PERBATANG FREE ONGKIR.
HARGA JUAL BIBIT RUMPUT ODOT GUNUNG KIDUL HARGA RP. 600,- PERBATANG FREE ONGKIR.
HARGA JUAL BIBIT RUMPUT ODOT WONOSARI HARGA RP.600,- PERBATANG FREE ONGKIR.
HARGA JUAL BIBIT RUMPUT ODOT PRAMBANAN HARGA RP.550,- PERBATANG FREE ONGKIR.

Kami melayani penjualan bibit rumput odot dengan kwalitas bibit yang unggul. Bibit rumput odot kami kita jaga kwalitasnya sampai benar benar siap untuk di panen dan di ambil batangnya. Agar nanti ketika di tangan konsumen tetap baik dan bermutu. Bibit rumput odot kami di pilih dari tanaman yang benar benar subur dan siap untuk di kirim. Sehingga waktu di tanam menjadi rumput odot yang berkwalitas dan bisa menghasilkan banyak daun rumput untuk di berikan kepada hewan ternak. Kami selalu berharap agar nantinya rekan rekan peternak bisa mendapatkan untung jika berinvestasi dan membeli bibit di lapak kami. Jangan ragu ragu dan untuk menghubungi kami jika ada seputar pertanyaan tentang bertanam rumput odot. Saya akan siap membantu.

Contoh contoh bibit rumput odot kami bisa di lihat di foto dan video di bawah ini.

Bibit rumput odot panjang batang 20 cm lebih
Bibit rumput odot
Bibit Rumput odot 1 ikat isi 100 batang 
Bibit odot 1 karung isi 10 ikat / 1000 batang
VIDEO KUMPULAN RUMPUT ODOT KAMI 

PEMESANAN BIBIT RUMPUT ODOT HUBUNGI KONTAK KAMI 👇

      

CATATAN. : MINIMAL PEMESANAN 1000 BATANG UNTUK LUAS LAHAN SEKITAR 250 M²

Kami menggunakan expedisi diantaranya ada

INFORMASI RUMPUT ODOT 

 Rumput gajah odot Salah satu solusi hijauan pakan ternak yang dapat dikembangkan yaitu rumput gajah jenis cvmott (Pennisetum purerium). Jenis rumput ini tidak banyak diketahui masyarakat kita, padahal mempunyai potensi yang sangat bagus sebagai pakan ternak rumania.  Rumput odot  dapat tumbuh  mencapai 1 meteran, rumput ini sangat mirip dengan pandan yang daun nya rimbun dan rapat. Dengan keadaan seperti ini, rumput odot sangat efisien dalam hal pemakaian lahan untuk penanaman. Hampir semua bagian rumput odot bisa dimakan oleh sapi, kambing, kuda, kerbau, gajah , jerapah ,rusa , kelinci dan hewan pemakan tumbuhan pada suka.

Berdasarkan hasil tes uji analisis laboratorium, kandungan nutrisi, rumput odot sebagai pakan ternak juga mempunyai nilai persentase persentase yang tinggi. Berikut ini adalah tabel nutrisi dari rumput odot
No
Uraian
Nilai Nutrisi (%)
1
Protein Kasar (PK)
17-19
2
Protein Kasar (PK) daun
17-19
3
Protein Kasar (PK) batang
8,1
4
Kadar lemak kasar  daun
2,72
5
Kadar lemak kasar batang
90,1
6
Digestibility daun
72,68
7
Digestibility batang
62,56
8
Lignin
2,5
Dari table diatas menunjukkan bahwa potensi Rumput Odot sebagai pakan ternak bisa memenuhi kebutuhan gizi ternak. Oleh karena  itu rumput odot sangat baik sebagai pakan ternak untuk pemeliharaan jangka panjang baik dengan hanya memakai pakan hijauan saja ataupun untuk penggemukan yang ditambah dengan pakan penguat atau konsentrat.
Dari hasil penelitian beberapa peneliti IPB, dan uji coba tanam yang dilakukan Qiara Intsitute yang dikelola para dosen serta alumni IPB,  hasil produksi rumput Odot dapat mencapai lebih dari 60 ton per hektar. Hasil panen pertama pada saat umur rumput odot sekitar 3-4 bulan, berikutnya bisa kita setiap sekitar 50-60 hari. Rumput odot bisa disimpan sampai 3 hari tanpa adanya perlakuan khusus, dan masih dapat dimakan sapi dengan lahap.

Ciri-Ciri Rumput Odot yaitu:

Pertumbuhan yang cepat seperti rumput gajah Berumpun dan bertunas atau rhizoma. Rumput odot mempunyai akar yang kuat dan dalam,Daunnya  dan batang halus tidak berbulu. Batangnya rumput ini lunak dan lembut sehingga sangat mudah dimakan ternak, tanpa perlu dicacah terlebih dahulu dan ternak kita tentunya akan sangat lahap untuk memakannya. Mempunyai kadar air sekitar 80%, sehingga ternak kita terhindar dari dehidrasi. 

Memelihara dan menanam  rumput odot sebagai pakan ternak, sama halnya dengan menanam rumput pada umumnya, jadi sangat mudah tentunya. Rumput ini dapat tumbuh dan berkembang berbagai jenis lahan. Banyak lahan tidur atau lahan yang belum digarap dan hanya ditumbuhi oleh semak belukar dapat dipakai untuk menanam rumput odot. Untuk setiap 4-5 ha lahan kita dapat untuk memenuhi sekitar 100 ekor sapi, jika ada lahan 1.000 ha saja lahan non produktif yang ditanami dengan rumput odot, maka jumlah sapi yang dapat dikembangkan sekitar 20.000 ekor sapi potong. Itu jumlah sapi yang besar bukan?. Penanaman Rumput Odot dapat juga bisa dengan cara tumpang sari dengan pohon kehutanan seperti sengon (Paraserianthes falcataria), pohon jati, pohon karet , pohon kelapa sawit. Tentu saja untuk hasil yang maximal rumput odot bagus di tanam sendiri di tempat terbuka seperti persawaan.


BERIKUT CARA TANAM RUMPUT ODOT BIAR HASIL PANEN MELIMPAH.

Saat ini rumput odot banyak dibudidayakan untuk pakan hijauan ternak mereka seperti untuk kambing, sapi, kelinci atau kerbau. Berikut ini kita akan membahas tentang cara menanam rumput odot atau budidaya rumput odot. Berikut selengkapnya:

Pembibitan Rumput Odot

Bibit rumput odot berasal dari batang stek dipotong sepanjang 10 cm hingga 20 cm serta di pilih bibit yang sehat dan berkwalitas dari tanaman yang subur. Sebelum melakukan penanaman sebaiknya lakukan pemupukan dasar pada lahan dengan menggunakan pupuk kandang dan lokasi tanam rumput odot tersebut mendapat sinar matahari yang cukup.

Pola Tanam Rumput Odot

Rumput odot dapat ditanam dengan pola mono kultur atau dalam lahan hanya ditanami rumput odot saja. Namun rumput odot ini dapat ditanam sebagai tanaman sela yang dikombinasikan dengan hijauan lain karena tanaman ini memiliki ukuran lebih pendek, rumput odot ini dapat digunakan untuk menahan erosi lahan.

Cara Penanaman Rumput Odot

Pertama bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya buatlah gundukan atau bedengan dengan lebar sekitar 60 cm - 80 cm dan tinggi sekitar 20 cm. Bedengan ini biasanya untuk lahan yang mudah terendam air.  Pada setiap gundukan ditanam bibit minimal 2 baris dengan posisi tidur serta di urug tanah di atasnya supaya tidak geser. Bisa juga persiapan lahan model rata rata saja. Semua persiapan lahan melihat situasi dan kondisi kebun masing masing. Menghitung jarak tanam antar batang bibit dengan lainnya bisa menggunakan ukuran jarak 50 cm x 20 cm atau juga bisa menggunakan jarak tanam 50 cm x 50 cm.

Pemupukan Rumput Odot

Untuk pemupukan dasar, bisa di berikan pupuk kandang sekitar 3 ton per hektar lahan. Pupuk kandang bisa di berikan jika ada bahan di rumah atau bisa beli di sekitar. Jika tidak ada pupuk kandang bisa langsung menggunakan pupuk kimia saja setelah tanam dan umur rumput sekitar 1 bulan. Untuk mempercepat pertumbuhan rumput odot pupuk kimia bisa menggunaan NPK,/ZA/ UREA sebanyak 150 kg/hektar. Sehabis panen biasanya rumput odot tumbuh terus ketika daun berumur 1 bulan bisa di beri pupuk lagi. Sirkulasi pemberian pupuk setiap rumput berumur 1 bulan supaya cepat subur dan banyak hasil panennya. 

Pemanenan rumput Odot

Rumput odot dapat dipanen setelah berumur sekitar 70 hari hingga 80 hari. Ciri rumpur odot yang siap panen yaitu terdapat ruas batang telah berukuran 15 cm. Umur panen pada musim penghujan yaitu 35-45 hari, pada musim kemarau yaitu 40-50 hari. Cara pemanenan rumput ini yaitu dengan memotong rumput pendek sejajar dengan tanah. Namun disarankan untuk pemanenan pertama kali dipanen setelah 60 hari atau lebih atau tunggu hingga batangnya berukuran sekitar 30 cm hingga 40 cm.

Demikian cara menanam rumput odot serta pudidaya hingga panen. Semoga pembahasan ini bisa membantu dan bermanfaat. Sehingga teman teman yang mau memulai usaha peternakan lebih tahu cara membudidaya rumput odot sebagai sumber pakan utama ternak.

Foto foto bibit rumput odot kami



PEMESANAN BIBIT RUMPUT ODOT HUBUNGI KONTAK KAMI 
      

Jualan kami tentang rumput rumput lainnya bisa klik website di bawah ini

www.rumputtamanmalang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah petani dan penjual rumput gajah mini . Rumput jepang. Rumput golf . Rumput manila , Rumput lapangan bola dan lain lain. Saya juga menjual bibit rumput gajah odot dan bibit rumput king grass untuk pakan ternak sapi dan kambing. Saya juga menjual tanaman hias dan jasa pembuatan taman dan jasa pasang batu alam.