Jumat, 03 Desember 2021

Harga bibit rumput odot terbaru Sumedang Januari Tahun 2024,Harga bibit odot terbaru Sumedang gratis ongkir

 Sebagai peternak tentunya membutuhkan pakan hijauan yang berkualitas. Pakan hijauan yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan hewan ternak Anda. Penting bagi peternak profesional untuk mengerti jenis pakan hijauan ternak serta nutrisi yang terkandung didalamnya. Disini saya merekomandasikan sebuah pakan hijauan unggul yang bisa membuat hewan ternak Anda menjadi sehat, gemuk, dan berkualitas.




    Rumput gajah odot atau yang kerap kali di juluki rumput odot ialah rumput yang memiliki kualitas yang bukan main-main. Sekilas rumput ini terlihat seperti rumput gajah, hal ini dikarenakan rumput odot masih berkerabat dengan rumput gajah. Namun, disisi lain mengapa rumput odot sangat disarankan sebagai pakan hijauan ternak? Tak lain karena rumput odot mengandung nutrisi serta protein kadar tinggi.


YUK SIMAK SAMPAI AKHIR 😁😁😁

    Berikut di bawah ini ialah keunggulan rumput odot :

a. Batang relatif pendek sehingga mudah dipanen

b. Pertumbuhan rumput odot relatif cepat sehingga bisa cepat dipanen

c. Daunnya lembut dan tidak berbuku, lebih disukai oleh hewan ternak

d. Mampu beradaptasi pada lahan basah ataupun lahan kering

e. Tidak memerlukan perawatan khusus saat ditanam

f. Kadar air tinggi (>70% ) sehingga mampu menanggulangi dehidrasi pada hewan ternak

    Selain dari paparan keunggulan rumput odot diatas, ada keunggulan lain berupa kandungan nutrisinya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Kadar lemak daun 2.72%

b. Kadar lemak batang 0.91%

c. CP daun 14.35%

d. CP batang 8.1 %

e. Digestibility daun 72.68%

f. Digestibility batang 62.56%

    Selain itu, keunggulan rumput odot dibanding jenis rumput lain adalah produktivitasnya yang cukup tinggi. Saat musim hujan, tekstur rumput odot akan menjadi lebih lunak daripada rumput lainnya. Tekstur ini sangat digemari ternak, terutama kambing dan domba.

    Produktivitas rumput odot juga termasuk tinggi. Di musim penghujan, Anda dapat melakukan hingga dua kali masa panen dengan jumlah anakan rumput mencapai 20 anakan. Interval pemotongan dapat dilakukan antara 30 sampai 40.

    Keunggulan rumput odot juga pada kandungannya yang baik sebagai pakan ternak. Rumput odot mengandung protein kasar yang rata-rata berjumlah 12—14 persen. Kandungan tertinggi protein pada rumput odot dapat mencapai 17 persen. Sementara itu, tingkat kecernaan rumput odot dapat menyentuh angka 65—70 persen dengan kandungan serat kasar mencapai 33,5 persen.



HASIL PRODUKSI RUMPUT ODOT :

    Produksi rumput odot bisa menghasilkan hijauan sebanyak 24,22 ton/ha/tahun dalam berat kering (tanpa di beri pupuk). Produksi rumput odot bisa menghasilkan hijauan sebanyak 178,4 ton/hektar/tahun dalam bentuk rumput segar. Dengan tambahan pupuk NPK sebanyak 2 – 3 karung/ha/tahun, produksi rumput odot bisa sebanyak 47,16 ton/ha/tahun. Produksinya bisa hampir 2 kali lipatnya.


CARA TANAM RUMPUT GAJAH ODOT :

CARA 1 (menggunakan gundukan) 

        1.      Pertama bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

        2.      Selanjutnya mencangkul lahan yang akan di tanami, kemudian buatlah gundukan atau                          gunungan kecil dengan lebar sekitar 60 cm hingga 80 cm dan tinggi kurang lebih 20 cm.

        3.      Pada setiap gundukan ditanami bibit dengan jarak antar bibit yaitu 50 cm x 50 cm

        4.      Serta jarak baris gundukan satu dengan yang satunya yaitu sekitar 50 cm hingga 1 m.

        5.      Rumput bisa di tanam miring atau tegak menancap tanah

CARA 2  (tanpa gundukan)

        1.      Pertama bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

        2.      Selanjutnya tanam bibit dengan jarak 50 cm x 50 cm

        3.      Setiap baris nya diberikan jarak 50 cm hingga 80 cm

        4.      Rumput bisa di tanam miring atau tegak menancap tanah

    Apakah perbedaan cara tanam menggunakan gundukan dengan tanpa menggunakan gundukan? Tentu saja berbeda. Dengan adanya gundukan, bibit yang di tanam menjadi semakin sedikit karena ruang luas lahan menjadi termakan oleh luas nya gundukan tersebut. Maka, saya sangat menyarankan untuk menggunakan cara kedua. Selain rumput yang ditanam lebih banyak tentu saja hasil panen nya nanti menjadi lebih banyak juga. Berikut di bawah ini adalah contoh perbedaan penanaman menggunakan cara 1 dan cara 2 :

TANAM MENGGUNAKAN CARA 1👇



proses tanam yang seperti ini memudahkan pertenak dalam menyirami rumput seluruh lahan

TANAM MENGGUNAKAN CARA 2👇

(bibit odot saat berusia 1 bulan)

(bibit rumput odot 2 bulan)


CARA PANEN RUMPUT ODOT

    Setelah ditanam selama 1-2 bulan, rumput odot hasil dari penanaman stek batang dapat dipanen. Cara panen rumput odot yang baik adalah dengan memotong rumput odot di bagian pangkal batang sekitar 5cm dekat dengan tanah. Setelah dipanen, bersihkan kulit daun kering yang menempel pada batang yang tertinggal agar tunas segera bermunculan.

    Tunas baru akan segera muncul dari pokok batang yang dipotong tersebut. Saat tunas baru tersebut sudah tumbuh setinggi 15 cm, segera berikan pupuk organik pada lahan agar memacu pertumbuhan rumput odot tersebut.


CARA MELAKUKAN PEMUPUKAN RUMPUT ODOT

    Pemupukan rumput odot sebaiknya dipilih menggunakan pupuk organik dari peternakan kambing, sapi maupun ayam. Limbah ternak berupa kotoran ternak, sisa pakan yang terbuang maupun air seni hewan ternak sangatlah baik sebagai pupuk organik untuk rumput odot. Jangan memilih pupuk sintetik buatan pabrik karena akan menyebabkan batang cepat busuk saat dijadikan bibit.

    Saat akan memberikan pupuk organik untuk rumput odot, sebaiknya kotoran hewan ternak bahan pupuk organik diproses fermentasi terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke lahan. Proses fermentasi pupuk organik akan mempercepat penguraian zat-zat yang terkandung dalam kotoran hewan sehingga akan memudahkan penyerapan akar rumput odot. Berikan pupuk kandang atau pupuk organik ini 2x selama masa tanam.

    Jadwal pemberian pupuk organik untuk rumput odot ini adalah saat awal penanaman rumput odot  dan setelah panen rumput odot agar mendapatkan hasil yang maksimal.


 RUMPUT ODOT SANGAT DI GEMARI OLEH BANYAK HEWAN SEPERTI 👇

1. KELINCI
2. DOMBA
3. KUDA
4. SAPI
5. KERBAU
6. GAJAH

MAU BERUBAH MENJADI PETERNAK SUKSES DAN MAU MEMPUNYAI HEWAN YANG SEHAT DAN GEMUK. BERIKAN PAKAN TERNAK HANYA DENGAN RUMPUT TERBAIK.

 TUNGGU APALAGI BELI BIBITNYA SEKARANG!

Pemesanan Hubungi kami klik wa👇
Dapatkan discount untuk pengambilan hari ini
CATATAN. : MINIMAL PEMESANAN 1000 BATANG UNTUK LUAS LAHAN SEKITAR 250 M2
Kami menggunakan expedisi diantaranya ada
KAMI JUGA MENYEDIAKAN BIBIT RUMPUT PAKCHONG DAN KING GRASS, UNTUK MELENGKAPI BANK PAKAN ANDA. INFO LEBIH LANJUT BISA MENGHUBUNGI WA DI ATAS👆

TERNYATA RUMPUT ODOT BISA DI FERMENTASI LOH....
HMM GIMANA YA CARANYA???? 😮😮

    Saat musim hujan, rumput tumbuh subur dan panen rumput odot sangat melimpah. Salah satu cara yang digunakan untuk mengawetkan pakan yang melimpah yaitu dengan membuat pakan fermentasi. Pakan fermentasi juga merupakan pakan alternatif yang dibuat dengan bahan lokal yang mudah didapat yang dapat disimpan dan bertahan dalam kurun waktu yang lama. Pakan fermentasi ini di sebut juga dengan nama silase odot.

CARA MENGOLAH RUMPUT ODOT MENJADI FERMENTASI (SILASE ODOT) :




Bahan yang diperlukan untuk membuat silase fermentasi pakan dari rumput odot sebesar 1 drum ialah sebagai berikut :

1.      Rumput odot 150-200kg, dedak padi 10kg

2.      Mol (yang sudah dicampur molase) satu gembor (5 liter)

3.      Garam kasar 2kg

Alat yang di perlukan untuk silase rumput odot :

1.      Chopper

2.      Drum besar/silo

3.      Alat penjepit drum

4.      Sekop

5.      Gembor

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat silase rumput odot :

1.      Siapkan mesin chopper, rumput odot, gembor, sekop, dedak, dan Mol.

2.      Rumput odot dipotong-potong menggunakan mesin chopper, kemudian diratakan di lantai.

3.      Tabur garam 2kg dan dedak 10kg lalu aduk dengan menggunakan sekop.

4.      Tuangkan MOL dengan menggunakan gembor secara merata, lalu aduk

5.      Setelah semua bahan tercampur rata, masukan ke dalam drum besar/silo.

6.      Masukan rumput yang telah dirajang dan injak-injak sedikit demi sedikit sampai terisi penuh agar padat dan tidak ada rongga.

7.      Tutup menggunakan plastic dan tutup drum lalu kunci supaya lebih aman dan rapat.


Kelebihan pakan fermentasi :

    Bahan mudah di dapat dan mudah dibudidayakan serta alternatif pakan cadangan jika terjadi musim kemarau. Pakan awet dalam kurun waktu yang lama dan mampu menambah berat badan hewan ternak.

Kekurangan pakan fermentasi :

    Tidak baik untuk betina yang sedang bunting karena dapat menyebabkan keguguran dan membuat produksi susu menurun, penggunaanya harus bertahap yaitu sedikit demi sedikit karena bisa menyebabkan diare pada hewan ternak.

TONTON JUGA VIDEO DOKUMENTASI KAMI



GALERI RUMPUT ODOT KAMI




























BUKTI RESI PENGIRAMAN KAMI KE KONSUMEN

PEMESANAN BIBIT RUMPUT TERNAK PAKCONG, ODOT, DAN KING GRASS HUBUNGI KONTAK KAMI 👇
CATATAN. : MINIMAL PEMESANAN 1000 BATANG UNTUK LUAS LAHAN SEKITAR 250 M2

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah petani dan penjual rumput gajah mini . Rumput jepang. Rumput golf . Rumput manila , Rumput lapangan bola dan lain lain. Saya juga menjual bibit rumput gajah odot dan bibit rumput king grass untuk pakan ternak sapi dan kambing. Saya juga menjual tanaman hias dan jasa pembuatan taman dan jasa pasang batu alam.