Rabu, 11 Agustus 2021

Jual pasir malang di Slawi pasir hitam untuk media tanam dan filter kolam hubungi wa 085851472116 Januari Tahun 2024

  jual pasir malang di slawi,penjual pasir malang di slawi ,harga jual pasir malang di slawi, jual pasir malang warna  hitam di slawi, jual pasir malang merah di slawi


Penjelasan tentang pasir malang

Di Indonesia sendiri pasir malang adalah salah satu pilihan yang paling sering digunakan dalam aquascape. Pasir malang biasanya sangat mudah untuk dijumpai dan dibeli karena biasanya ada di toko ikan yang menjual berbagai perlengkapan aquarium dan aquascape. Tidak hanya karena mudah ditemui, harga pasir malang juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan pilihan pasir lainnya. Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi mengenai pasir malang yang mungkin ada baiknya kalian ketahui sebelum digunakan.

Pasir malang berasal dari mana?

Sebenarnya, dari namanya saja seharusnya kalian sudah bisa menebak dari mana asal pasir malang ini. Pasir malang ini berasal dari daerah Malang. Pasir malang terbuat dari sisa lahar gunung merapi, oleh karena itu pasir malang juga disebut sebagai pasir vulkanik.

Tidak hanya memiliki banyak kandungan mineral, pasir malang juga bermanfaat untuk menyaring air dan menurunkan pH air.

Karena berasal dari lahar gunung merapi, pasir malang menjadi cukup kaya akan mineral. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, pasir malang mengandung karbon, sodium, magnesium, kalsium, potasium, dan besi. Kandungan tersebut sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman.

Jenis – jenis pasir malang

Sejauh yang saya ketahui, pasir malang memiliki dua warna yaitu hitam dan merah. Warna hitam adalah yang paling mudah untuk dicari karena kemungkinan permintaan pasar lebih besar untuk yang berwarna hitam. Selain perbedaan warna, pasir malang juga memiliki perbedaan pada ukurannya.

Pasir malang merah
                                                                                  Pasir malang merah

Jika ingin membeli pasir malang, pada umumnya kalian akan menemukan pasir malang kasar atau pasir malang halus. Perbedaannya ada pada ukuran pasir malangnya. Pasir malang kasar ukurannya lebih besar dan terlihat seperti kerikil yang cukup mudah untuk dihancurkan. Kalau pasir malang halus, ukurannya sudah sangat kecil dan mirip seperti pasir kebanyakan. Sekarang hanya tergantung pada kebutuhan saja, kalau saya pribadi menggunakan pasir malang kasar untuk substrat pada aquascape karena memiliki keuntungan lebih daripada pasir malang halus.

Video pasir malang kami

PEMESANAN PASIR MALANG HUBUNGI KONTAK KAMI
  
Hanya melayani pembelian minimal 1 truk isi 6 kubik


KEGUNAAN PASIR MALANG SEBAGAI MEDIA UNTUK TANAMAN.

Tanaman yang tumbuh di atas media pasir malang biasanya dijual dengan ukuran butiran yang berbeda-beda. Sebagai media tanaman hias, pasir malang juga memiliki kemampuan bisa mempertahankan kelembapan untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, tekstur butir pasir yang lebih besar biasanya juga dipilih karena faktor estetikanya.

Untuk penggunaan yang optimal, biasanya pasir malang juga dicampur dengan pupuk dasar agar nutrisi tanaman terjamin. Meski begitu, pasir malang tetap bisa digunakan sebagai substrat undergravel tanpa disertai pupuk dasar. Dengan kata lain, kamu bisa langsung menggunakan pasir malang sebagai media tanam.

Pasir malang untuk media bonsay
Pasir malang untuk media bonsay

Pasir malang untuk media tanaman


Cara Menggunakan Pasir Malang

Agar bisa digunakan sebagai media tanam secara optimal, kamu harus menggunakan pasir malang dengan benar. Jika media tanam terkontaminasi, tanaman tidak akan tumbuh dengan baik atau bahkan mati. Oleh karena itu, perhatikan persiapan hingga perawatan yang harus kamu lakukan.

1. Bersihkan media pasir malang

Pasir malang relatif rawan untuk digunakan sebagai media tanam karena sumber kontaminannya besar. Agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, pastikan media tanam benar-benar bersih dan steril. Kamu harus mencuci media pasir malang menggunakan air panas agar sumber kontaminan mati.

2. Lakukan penyemprotan dengan fungisida

Gunakan penyemprotan fungisida dengan dosis 15 gram per liter agar jamur yang terdapat pada media pasir malang mati. Langkah ini perlu dilakukan agar media tanam benar-benar bisa dipakai secara optimal dan tanaman tumbuh sehat. Jika penyemprotan sudah dilakukan dengan merata, lanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Keringkan di bawah cahaya matahari

Tekstur media tanam yang sudah dicuci dan disemprot tentunya basah sehingga harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke dalam pot. Untuk mengeringkannya, kamu bisa mengangin-anginkan di bawah cahaya matahari.

4. Siapkan pot sebagai wadah tanam

Siapkan pot atau wadah yang akan digunakan sebagai media tanam. Pastikan pot sudah dalam keadaan benar-benar kering sebelum memindahkan media tanam pasir malang. Selain itu, bagian bawah pot atau wadah sebaiknya diberi pecahan batu bata atau kerikil terlebih dahulu.

Kelebihan Pasir Malang

Saat memilih media tanam, kamu tentunya perlu mengetahui spesifikasi media yang digunakan. Berikut ini kelebihan pasir malang yang bisa digunakan sebagai media tanam.

1. Media tanam tidak becek

Pasir malang memiliki karakteristik yang sangat berpori sehingga tidak dapat menahan air dalam waktu lama. Oleh karena itu, area tanam bisa terjaga lebih bersih dan tanah tidak berceceran karena tanah yang becek. Namun, saat digunakan sebagai media tanam untuk tanaman hias di bulan kemarau, sebaiknya media pasir malang lebih sering disiram.

2. Harga lebih murah

Media tanam untuk tanaman hias biasanya relatif mahal, tapi media pasir malang justru memiliki harga terjangkau. Media tanam pasir malang bisa kamu dapatkan dengan harga yang ekonomis dan pembeliannya juga praktis. Pasir malang bahkan sudah tersedia secara online sehingga kamu tidak perlu keluar rumah.

3. Sangat lembap jika terkena air

Jika digunakan sebagai media tanam di musim hujan, kamu tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman. Karakteristik pasir malang yang sangat berpori membuat media pasir malang mudah terbawa air saat disiram. Oleh karena itu, perawatan di musim penghujan lebih praktis. Kamu bahkan bisa meletakan pot tanaman di halaman teras sehingga cukup terkena percikan air hujan saja.


Tanaman aglonema media pasir malang

Tanaman hias menggunakan pasir malang


PEMESANAN PASIR MALANG HUBUNGI KONTAK KAMI
  
Hanya melayani pembelian minimal 1 truk isi 6 kubik

Kegunaan Pasir malang sebagai rumah bakteri alami dalam aquascape

Untuk kalian yang masih baru berkecimpung di dunia aquascape, mungkin masih belum terlalu paham mengenai pentingnya bakteri pengurai amonia di dalam aquarium. Pada dasarnya bakteri ini akan menguraikan amonia menjadi nitrat dan nitrit yang lebih aman untuk ikan.

Amonia sendiri berasal dari kotoran ikan, sisa – sisa makanan, dan bisa juga dari pembusukan tanaman. Kalau tidak ada bakteri pengurai ini, maka konsentrasi amonia akan tinggi dan dampak yang paling parah adalah menyebabkan kematian pada ikan.

Pada dasarnya bakteri ini dapat hidup di mana saja di dalam aquascape, semasih terdapat air. Pasir malang adalah salah satu tempat yang baik sebagai rumah alami untuk bakteri di aquascape. Inilah salah satu alasan saya lebih memilih menggunakan pasir malang kasar.

Pasir malang kasar yang berbentuk seperti kerikil memiliki luas permukaan yang luas dan juga berongga. Dengan adanya luas permukaan yang luas dan banyak rongga, membuat pasir malang menjadi tempat yang sangat baik untuk hidup dan berkembangnya bakteri pengurai amonia.

Memang pasir malang halus juga bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri ini, tapi mengingat ukurannya yang kecil menjadikan luas permukaannya sedikit dan tidak dapat menampung bakteri dalam jumlah banyak.

Perbedaan pasir malang dan pasir silika

Alternatif lain yang juga sering digunakan untuk aquascape selain pasir malang adalah pasir silika. Jika pasir malang terbuat dari lahar panas gunung merapi, pasir silika atau biasa juga disebut sebagai pasir kuarsa berasal dari dalam perut bumi.

Penggunaan pasir silika ini sangat luas di dunia industri, pasir silika biasa digunakan sebagai campuran untuk membuat gelas kaca, semen, tegel, hingga mosaik keramik. Tidak hanya itu, pasir silika juga biasa digunakan untuk filtrasi pada air.

Pasir Silika
Pasir silika

Bentuk pasir silika sangat beragam, jika sudah sangat halus maka akan seperti pasir di pantai. Jika belum dihaluskan maka bentuknya persis seperti kerikil. Pasir silika biasanya memiliki warna yang beragam mulai dari cokelat hingga putih saat masih berbentuk kerikil. Namun saat sudah sangat halus kebanyakan akan menjadi warna putih atau cokelat saja. Harga pasir silika sedikit lebih tinggi dari pasir malang. 

Apakah pasir malang harus dicuci dulu sebelum digunakan?

Sebelum menggunakan pasir malang pada aquascape ada baiknya kalau pasir malang dicuci terlebih dahulu. Kenapa harus dicuci? Karena biasanya akan ada sisa pasir atau debu yang terlalu kecil dan akan mengapung saat terkena air. Kotoran ini juga akan membuat air menjadi keruh, jadi dengan mencuci terlebih dahulu dapat mengurangi kekeruhan air.

Bagaimana cara menaruh pasir malang di aquarium?

Penggunaan pasir malang sangatlah mudah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci pasir malang untuk mengurangi kotoran. Kemudian tergantung dari keinginan kalian menjadikan pasir malang ini seperti apa. Pasir malang kasar dapat dicampurkan dengan pupuk dasar untuk menghasilkan lebih banyak pupuk dasar.

Selain itu, penggunaan pasir malang kasar akan berguna untuk memberikan rongga agar oksigen bisa memasuki bagian bawah dan juga menjadi tempat hidup bakteri nantinya. Setelah dicampurkan dan membuat dasar, selanjutnya bisa menggunakan pasir malang yang lebih halus untuk menutupi pupuk dasar.

Hal ini juga akan memberikan kedalaman yang cukup untuk menancapkan tanaman nantinya. Selain itu, tampilan pasir malang halus akan membuat aquascape terlihat lebih rapi seperti pasir di pantai.

Namun, jika tidak akan menggunakan pupuk dasar kalian tinggal memilih akan menggunakan pasir malang halus atau kasar dan langsung menaruhnya pada aquascape setelah dicuci.

UNTUK PEMESANAN HUBUNGI WHATSAPP KAMI 

TERIMA KASIH SUDAH MELIHAT 
BURUAN ODER YA 😅🙏

Kontak kami

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah petani dan penjual rumput gajah mini . Rumput jepang. Rumput golf . Rumput manila , Rumput lapangan bola dan lain lain. Saya juga menjual bibit rumput gajah odot dan bibit rumput king grass untuk pakan ternak sapi dan kambing. Saya juga menjual tanaman hias dan jasa pembuatan taman dan jasa pasang batu alam.